04 February 2011

postheadericon Green House SMAN 1 Gondang

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Green House mempunyai arti Rumah Hijau. Iya memang benar. Tetapi bukannya rumah tersebut bercat hijau, tetapi hanya saja di dalam rumah yang terbuat dari rangkaian kawat itu dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang memang sengaja dirawat oleh SMAN 1 Gondang. Green house ini berdiri sejak tanggal 17 bulan ke-7 tahun 2007. Saat ini Green House di SMAN 1 Gondang ditangani oleh siswa-siswi special dari ekstra Pramuka. Green House di SMAN 1 Gondang mempunyai banyak jenis tanaman. Mulai tanaman TOGA, sampai tanaman hias.

Jenis tanaman TOGA yang terdapat di Green House SMAN 1 Gondang antara lain: sirih, binahong, mojo legi, mimba, kumis kacang, dan lain sebagainya. Semua tanaman jenis TOGA tersebut mempunyai khasiat sebagai obat tradisional. Misalnya binahong yang berkhasiat sebagai penyembuhan luka, dan mimba yang berguna untuk obat stroke .

Sedangkan untuk tanaman hias, Green House SMAN 1 Gondang mempunyai koleksi sebagai berikut : anthurium ( gelombang cinta ), wijaya kusuma, samia, kamboja, anggrek, andong merah, asoka, euphorbia, dan masih banyak lagi.

Memang diantara tumbuhan-tumbuhan tersebut banyak yang telah familiar dengan lingkungan kita. Tapi mengapa harus diletakkan dalam Green House? Karena di dalam Green House udara dan sinar matahari tidak langsung masuk ke dalam, tetapi melewati kain berpori yang diletakkan di bagian atas Green House, itu membuat udara menjadi lembab dan tumbuhan tidak terlalu kering. Dengan demikian tumbuhan yang ada di dalam Green House bisa lebih subur.

1 comments:

Cupid Kireina said...

sejuk deh... taun depan green house nya mudah2n tambah besar...amin

About Me

My Photo
Puput bubgum
Saya, Dwi Nugrahini Putri, salah satu siswi SMAN 1 Gondang yang duduk di kelas XII.IPA2, mencoba sukses kembali dengan motto hukum aksi-reaksi :)
View my complete profile

Followers


ShoutMix chat widget

Pengunjungku