30 January 2011

postheadericon Pengolahan Sampah di SMAN 1 Gondang

Di SMAN 1 Gondang, keberadaan sampah sangatlah diperhatikan. Semua sampah yang menumpuk dari dedaunan, bungkus makanan, sisa makanan, sampah kertas dan yang lainnya tidak hanya dibuang ke tempat sampah lalu dibakar begitu saja. Semua sampah itu melewati proses yang tidak sebentar.

Pertama, tempat sampah yang tersedia dibagi menjadi dua tempat, yaitu sampah organik dan anorganik. Tempat sampah organik hanya dikhususkan untuk sampah yang berasal dari alam yang masih bisa diuraikan, misalnya dedaunan dan sisa makanan. Sedangkan tempat sampah anorganik dipakai untuk sampah yang tidak bisa diuraikan lagi, misalnya plastik bungkus makanan.

Setelah sampah masuk ke kandangnya masing-masing, giliran bapak tukang kebun mengambil semua sampah dari tempat sampah seluruh sudut sekolah lalu dikumpulkan di tempat pembuangan akhir sekolah. Disitulah semua sampah yang telah terkumpul dipilah-pilah lagi. Untuk sampah organic digunakan untuk pupuk kompos dan sebagai isi lubang resapan biopori, sedangkan sampah anorganik bisa digunakan untuk siswa sebagai bahan 3R ( Reuse, Reduce, Recycle ), atau disalurkan ke TPA pusat untuk diolah kembali.

Sistem pengolahan sampah ini masih selalu dipertahankan oleh sekolah kami. Selain sampah masih bisa digunakan lagi, pengolahan sampah ini juga mengurangi global warming dan menekan volume sampah di lingkungan sekolah.

1 comments:

smagondangrizki said...

ramah lingkungan bgt tuhh ! .
perlu di tiru di rmh :D

About Me

My Photo
Puput bubgum
Saya, Dwi Nugrahini Putri, salah satu siswi SMAN 1 Gondang yang duduk di kelas XII.IPA2, mencoba sukses kembali dengan motto hukum aksi-reaksi :)
View my complete profile

Followers


ShoutMix chat widget

Pengunjungku